AGRIBISNIS

Informasi Lengkap Tentang Jurusan Agribisnis

Apa sih jurusan Agribisnis itu? banyak siswa yang kebingungan dalam memilih fakultas jurusan yang ingin mereka masuki ketika kuliah. Ada yang masuk di fakkultas kedokteran, perawat, dan Fakultas lainya yang mungkin menurut mereka bagus prospeknya. Namun ada jurusan mungkin kurang dimiati. Salah satu jurusan yang mungkin di sepelekan dan kurang diminati adalah Agribisnis. Agribisnis memang termasuk dalam fakultas pertanian, namun bukan berarti belajar pertanian itu nanti setamat kuliah kita akan menjadi petani. Justru dengan kita belajar pertania, kita tahu bagaimana cara mengelola Sumber daya alam indonesia ini dengan baik dan benar agar nantinya kita mampu bersaing dengan negara lain untuk memasarkan hasil alam idi negara kita ini (indonesia).
Apa alasan saya ingin mengambil Agribisnis? Karena di wilayah saya sangat banyak sekali kekayaan alam yang bisa di mamfaatkan dan dikembangkan, namun sayang sekali banyak masyarakat yang tidak mampu dalam mengelola dan mengembangkanya sehingga perekonomian masyarakatnya pun belum bisa dikatakan makmur. 

Harapan saya kedepanya adalah saya bisa menjadi seorang wiraswasta atau pengusaha yang mampu mengembangkan hasil prikanan di daerah saya menjadi sebuah produk jadi yang memiliki nilai jual yang tinggi dan juga berharap produk saya dapat di pasarkan hingga keluar negeri.

Apa yang di pelajari dalam Agribisnis?

Dalam pembelajaran Agribisnis saya kurang tahu karena saya belum menjadi mahasiswa di jurusan ini. Namun disini saya akan menjelaskanya menurut beberapa refrensi (pengetahuan) yang pernah saya baca di berbagai media. Agribisnis mempelajari ilmu-ilmu sebagai berikut ;
Budidaya
Mempelajari Pembibitan, Pembenihan, Pemeliharaan, sampai menuai hasil yang disatukan menjadi Pembudidayaan Tanaman Pertanian.
Pemasaran / Ekonomi & Manajemen
Dalam Pemasaran / Ekonomi & Manajemen ini akan mempelajari bagaimana cara memasarkan atau mengelola sebuah produk dari hasil pertanian yang sudah ada dengan kualitas yang sangat baik dan secara otomatis memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi.
Sosial dan Komunikasi
 Mahasiswa agribisnis disini akan di ajarkan agaimana cara berkomunikasi yang baik dan bagaimana cara bersosial yang baik, sehingga ketika akan menyampaikan pesan-pesan hasil keilmuan yang dilakukan lulusan agribisnis dapat diterima oleh semua kalangan termasuk buruh tani
Kewirausahaan
Yang paling menarik di jurusan ini adalah, mahasiswa agribisnis memperlajari kewirausahaan.
Bagaimana prospek kerja agribisnis? 
Prospek kerja atau penempatan kerja untuk lulusan jurusan agribisnis ini sebagai berikut :
  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS) bidang Pertanian Kementrian, Dinas Provinsi, Dinas Kabupaten/Kota.
  2. Tenaga Pengajar seperti Dosen.
  3. Peneliti di LIPI dan badan-badan peneliti lainnya.
  4. Badan Perencana Pembangunan Daerah (BAPPEDA).
  5. Badan Pusat Statistik (BPS).
  6. Dinas Koperasi.
  7. Bulog/Dolog.
  8. Dinas Perindustrian dan Perdagangan.
  9. Di Perusahaan/BUMN.
  10. Bank Pemerintah/Swasta.
  11. Lembaga Keuangan, Asuransi.
  12. Perusahaan Pengadaan Sarana Produksi Pertanian.
  13. Lembaga Swadaya Masyarakat.
  14. Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD).
  15. Koperasi Unit Desa (KUD).
  16. Perusahaan Konsultan Agribisnis.
  17. Konsultan di Bidang pertanian.
  18. Membuka Usaha Pembibitan dan Pembuatan Pupuk atau Pestisida.
  19. Wirausaha seperti usaha kebutuhan Sandang, Pangan, Papan.
  20. Dan prospek-prospek kerja lainnya.
Gimana, apakah anda tertarik untuk masuk jurusan Agribisnis ini? semua tergantung pilihan minat serta bakat anda. intinya adalah semua terserah pada diri masing-masing anda. karena semua jurusan memang bagus tergantung anda, apakah kita mampu menjalankanya atau tidak.

Komentar

Postingan Populer